Sabtu, 07 Januari 2012

7 Kebiasaan Yang Perlu Anda Ubah Untuk Mengatasi Insomnia

Sulit untuk tidur atau insomnia banyak dialami orang dari berbagai golongan dengan berbagai penyebab, mulai dari urusan kantor hingga urusan cinta. Insomnia sangat mengganggu terutama bagi Anda yang harus memulai aktivitas di pagi hari, dan mata yang sulit untuk diajak kompromi. Akibat dari insomnia seringkali seseorang menjadi kurang fokus atau sulit berkonsentrasi selama beraktivitas. Anda dapat mengatasi masalah ini secara medis dengan berkonsoltasi ke dokter untuk mendapatkan resep.

Namun, Anda tidak harus bergantung pada obat untuk mengatasi masalah insomnia. Karena sebenarnya, insomnia dapat diatasi hanya dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan buruk Anda sehari-hari. Cobalah untuk mengatasi masalah insomnia dengan 7 cara berikut, sebelum Anda memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter.

1. Buat Jadwal Rutin

Mulailah mencoba untuk mengatur waktu tidur Anda secara rutin, atau bagi Anda yang bekerja sebagai penulis atau pekerja seni dapat menerapkan pola tidur Polypasic seperti yang telah dibahas pada artikel berikut. Misalnya Anda tidur setiap jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi, lakukan hal tersebut secara konsisten setiap hari. Pola tidur baru tersebut akan pada awalnya akan membuat Anda kesulitan –karena tidak terbiasa, namun seiring waktu Anda akan mulai terbiasa, karena otak memiliki fungsi otomatis pada hal yang sering dilakukan.

2. Hindari tidur siang hari

Seseorang yang terbiasa tidur di siang hari, kebanyakan akan mengalami sulit tidur saat malam hari. Apabila Anda melewatkan waktu tidur siang, akan mempermudah Anda untuk tidur lebih cepat saat malam hari.

3. Hindari kafein dan alkohol

Kafein adalah stimulan bagi otak untuk mengganggu waktu tidur Anda. Alkohol mungkin dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, namun juga menyebabkan Anda terbangun lebih awal dan kesulitan untuk tertidur kembali. Selain itu baik Kafein maupun alkohol merupakan diuretik yang menyebabkan Anda lebih sering buang kecil, dan terbangun saat tengah malam untuk buang air kecil.

4. Gunakan tempat tidur sesuai dengan fungsinya

Hindari melakukan kegiatan seperti menonton TV, makan, dan lain-lain diatas tempat tidur. Hal ini agar Anda fokus pada tujuan saat berada di tempat tidur –yakni untuk tidur, bukan melakukan hal-hal lain. Apabila Anda telah terbiasa melakukan berbagai macam aktifitas di tempat tidur, maka otak Anda akan sulit untuk beristirahat, karena fokus yang cenderung terbelah-belah. Oleh karena itu gunakan tempat tidur Anda sesuai dengan fungsinya.

5. Hindari Snack Tinggi Karbohidrat Saat Akan Tidur

Hindari mengkonsumsi gula atau karbohidrat dua jam sebelum tidur. Apabila Anda merasa lapar saat malam hari, makan –dalam porsi kecil atau minum sesuatu yang membantu Anda untuk tidur, misalnya segelas susu hangat, ayam –tanpa nasi, dan kacang-kacangan.

6. Rajin berolahraga

Latihan atau olahraga secara rutin akan melepaskan hormon endorphin yang menyebabkan rasa tenang dan mengurangi stress. Selain itu juga membantu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Lakukan setidaknya 30 menit latihan kardiovaskular setiap harinya seperti jalan-jalan, berlari, dan bersepeda. Sebaiknya bagi Anda yang insomnia, melakukan olahraga pada pagi.

7. Apa yang harus Anda lakukan saat tidak dapat tidur?

Apabila Anda kesulitan untuk tidur selama lebih dari 30 menit, bangunlah, dan lakukan sesuatu yang membuat Anda lebih relax, seperti membaca bacaan ringan, seperti novel, atau buku humor atau mandi air hangat. Lalu cobalah untuk tidur kembali.

Apabila ketujuh langkah diatas telah Anda lakukan dan tidak menyebuhkan insomnia Anda, maka Anda perlu pergi ke dokter, untuk mengetahui penyebab Anda insomnia. Pentingnya istirahat cukup dan waktu tidur berkualitas karena mencerminkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

KEBIASAAN TIDUR PAGI, cara menghilangkan kebiasaan tidur malam hari, perenang yang tubuhnya ldbih ringan akan lebih cepat dari pada tubuh yang lebig berat, susah tidur perlu ke dokter tidak, mengatasi sulit fokus, mengatasi sulit berkonsentrasi, mencegah tidur pagi, mencegah kebiasaan tidur pagi, malam imsonia pagi bru tidur, menghilangkan kebiasaan insomnia
sumber : http://www.beautydaylily.com/a/7-kebiasaan-yang-perlu-anda-ubah-untuk-mengatasi-insomnia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar