Sabtu, 02 November 2013

Wawancara



Catatan dari Wawancara dengan Pemilik Toko Sukamto Jaya
Saya               :  Produk apa saja yang dijual  di toko anda ?
Narasumber    : Produk yang saya jual banyak macamnya. Toko saya ini menyediakan banyak barang untuk kebutuhan sehari-hari. Saya menjual beras, minyak, makanan kecil, roti ,gas untuk memasak, kebutuhan untuk mandi, macam-macam air minum dan lain-lain. Sangat banyak sebenarnya tapi tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Toko saya termasuk toko yang lengkap.

Saya               : Siapa saja pelanggan-pelanggan anda ?
Narasumber    : Pelanggan saya biasanya adalah pemilik warung-warung kecil. Mereka biasa membeli secara grosiran.  Perusahaan terkadang juga memasok kebutuhan air minumnya dari toko saya. 

Saya               : Bagaimana cara pelanggan mengetahui barang-barang yang anda jual?
Narasumber    : Dari luar toko saja sudah terlihat kalau saya menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Mereka juga tahu dari mulut ke mulut sehingga banyak yang membeli di toko saya. Jika sudah menjadi pelanngan biasanya saya memberikan sedikit bonus ketika hari-hari penting seperti Hari Raya Idhul Fitri atau Natal. Tujuannya agar talisirahturahmi kita tetap terjaga walau hanya sebagai pemilik toko dan pembeli.

Saya               : Bagaimana pesanan pelanggan dipenuhi? Apakah prosesnya berbeda menurut jenis barangnya?
Narasumber    : saya mempekerjakan beberapa orang untuk membantu saya dalam menangani pelanggan. Karena pelanggan yang datang terkadang banyak sehingga saya kualahan. Karyawan saya akan membantu untuk mengambil pesanan para pelanggan, ketika pembayaran maka saya yang akan mengurusnya.  Prosesnya sama terhadap semua jenis barang. Hanya saja jika barang yang dipesan dalam jumlah besar kita bisa mengantarkan ke tempat pelanggan. Seperti itulah prosesnya.

Saya               : Berapakah keuntungan yang anda dapat perbulannya??
Narasumber   : keutungan yang saya dapat kira-kira ± 5juta/perbulan. Itu sudah laba bersih dan sudah untuk membayar gaji karyawan saya juga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar